Ada orang-orang hidup tanpa hirarki sosial, tanpa hak kebangsawanan atas tanah atau monarki, kadang bahkan tanpa pemukiman atau kota-kota. Tidak perlu waktu lama untuk menyimpulkan bahwa inilah sesungguhnya kondisi 'alamiah manusia'.

Minggu, 27 November 2011

Toko Wijaya, tempat berburu komik bekas di Makassar

 Masih ingat ceritaku tentang Yoko Shoji? Juga tentang surat untuk Nakki kemarin? Jadi tak perlu saya jelaskan ulang tentang keduanya. Yang ingin kuceritakan saat ini adalah di mana saya bisa menemukan keduanya. Pertama kali, saat SMA, saya menemukan komik Pop Corn di salah satu penjual mainan anak di pasar Tempe, Sengkang. Di bagian depan tokonya ada sekardus komik bekas dipajang dengan label harga Rp.2500,- rata.
Kali kedua, saya menemukannya di Toraja, di agen majalah dan tabloid dekat pasar Makale, kebetulan menyediakan komik bekas juga. Saya bisa menambah koleksiku beberapa seri, meski harganya lebih mahal, yakni Rp.5.000,-. Dari Iwan (pemilik agen majalah itu), saya diberi informasi bahwa untuk menambah koleksiku, saya bisa mengunjungi toko Indah Jaya jalan Laiya dan Toko Wijaya (saya lupa nama jalannya, yang jelas depan sentral, jalur pete-pete B Makassar, kalau tidak salah sih jalan Timor).
Sekitar dua tahun lalu, waktu baru-baru jadian dengan Kurns, kami hobby hunting toko-toko buku waktu itu, mengunjungi Toko Wijaya. Dengan penuh harap, tapi ternyata tak ada satupun seri Pop Corn. Begitu juga di toko Indah Jaya. Nihil.
Sempat saya ingin membelinya melalui toko buku bekas online Dedo. Tapi lumayan mahal menurutku, jadi ditunda. Sampai saat bulan Januari kemarin, saat Kurns kembali dari Jakarta, membawakan setumpuk buku oleh-oleh, ada dua seri Pop Corn diantaranya. Sayangnya, karena salah komunikasi, seri yang dibelinya justru yang sudah kumiliki. Tapi tentu saja tak mengurangi rasa senangku. Dia berjanji, kalau ke Jakarta lagi akan membelikanku seri yang lengkap. Hehehe...
Nah, sekitar bulan lalu, saya bersama Sheni jalan-jalan ke Toko Wijaya. Iseng-iseng singgah sepulang memesan tiket buat traveling kami bulan Maret nantinya ;)
Iseng-iseng berhadiah ternyata, di sana sudah ada seri Pop Corn lengkap. Sampai kering gigiku gara-gara senyum puas melihat tumpukan komik itu. Tapi, ternyata pemirsa, saya harus membeli ke 26 seri jika ingin membelinya dengan harga Rp.5000,-/komik. Tentu saja saya hanya ingin membeli beberapa, seri yang belum kumiliki saja. Akhirnya saya pasrah dengan tawaran Rp.10.000,-/komik. Isi dompetku hanya cukup membeli dua saat itu.

Setelah kuceritakan pada Kurns, ternyata dia mau membelikan saya semua serinya saat terima gaji, cihuyyyy...
Namun, setelah gajinya di tanganku, entah memang tak jodoh, tiba-tiba dispenser ku rusak. Saya harus membeli baru, dengan konsekuensi batal membeli komik. Harus menabung lagi, atau menunggu Kurns berbaik hati membagi gajinya lagi, hahaha...
Jika ada yang mau mencari komik bekas, saya sarankan ke sana deh! Tapi jangan mencari plang TOKO WIJAYA di depan rukonya, karena kalian tak akan menemukannya :) Cukup cari di Jalan Timor nomor 116, kalau tidak salah, dan numpang tanya sana sini saja :)

NB:Dan jika kalian berbaik hati, belikan saya seri Pop Corn selain 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10, 11, 13, 14, 17, dan 20) hehehe...ayolah :)

25 komentar:

POLAR Scriptor mengatakan...

klo NB-nya nyinggung sy, kenapa klo menyangkut keuangan harus singgungx ke sy ?? apalah saya ini kasihan ?? punya usaha saja tidak ada kecuali usaha untuk tetap hidup saja....
klo menurut ku toko terlengkap komikx itu di senko jalan cendrawasih,, dari sya masih SMP sampai sekarang masih bertahan itu toko....

Ekbess mengatakan...

Hahaha...
itu cara diet paling ampuh nah, kau banyak-banyak traktir temanmu, supaya kau bisa hemat beli makanan sedikit saja! Kurusko itu...
Di mana itu? Jelaskanpi...siapa tau ada Popcorn lebih murah dan kau mau belikan saya kasihan :p

POLAR Scriptor mengatakan...

tau jalan cendrawasih yang banyak toko sepatux ??
cari toko dunia sepatu pas didepannya itu ada penual pulsa yang pake nama ku (rul seluler) nah di sebelah kirinya itu ada penjual ikan bakar enakQ lombo'x itu :)
tempat sewa komikx ada di sebelah kananx itu rul seluler

hima-rain mengatakan...

ikut baca dule komikmu. klo saya hunting komik yang judulnjya mary chan. bahagiaku waktu liat judulnya di honobono.. ckckck. sayang nda pernahma ke hobo lagi untuk lanjutkan baca itu komik.

klo mauko ke toko wijaya ato toko lainnya lagi bilang2 nah, siapa tau ada uang nyelip di kantongku. kan lumayan...

Miss 'U mengatakan...

sudah baca semua komiknya popcorn waktu jadi penunggu rental komik kakaknya teman di fekon dulu... baca gratis sepuasnya :D :D
kalau saya, komik yang bikin saya penasaran sampai sekarang itu Dunia Mimpi sama Topeng Kaca
Dunia Mimpi akhirnya bisa di nikmati dengan membaca onlen XD
Sayangnya Topeng Kaca sampai sekarang belum jelas kelanjutannya di Jepang sana -__-a
saya bukan kolektor komik, cuma pembaca :-|

Ekbess mengatakan...

Wah...wah...ndak sabarku selesaikan semua ceritanya popcorn :(
kira-kira ada juga komik online nya ndak yah?

Anonim mengatakan...

toko wijaya almtx d'mna ya??

Anonim mengatakan...

tadi pagi aku b4r aja dr toko wijaya, aku langsung teriak2 gaje soalx ngeliat surganya komik, tp pas aku tanya harga komik ppoi!, si penjaga toko bilang harga perjilidx itu 20.000, gilaaaaaaaaaaa, mending gue beli komik baru deh........

Erwin Sodding mengatakan...

kalau komik harlem beat kira-kira ada dijual di toko wijaya? info dulu'e kasian.. susahnya sy cari itu komik!!

Anonim mengatakan...

Minta alamat lengkapnya toko wijaya dong...

Hendhy Hamja mengatakan...

wkwkwk :D
semuanya lagi sibuk mencari komik langka yah :D ?
hehehehehehehe~

ada tidak yang bisa bantuin saya carikan nube, guru ahli roh 9 T_T ?
susah sekali dicari itu buku komiknya T_T ?

akiba mengatakan...

Minta alamat lengkapnya toko wijaya dong...
Maunyari komik 3x3 Eyes

Anonim mengatakan...

@ akiba : alamatnya lumayan susah d cari pas pertama kali kesana,,, tempatnya sesudah pasar sentral pas perempatan deket game center,,, depan tokonya mirip ma yg ada d gambar blog ni :3

Anonim mengatakan...

TOKO WIJATA ITU DIMANA??
kasih tau dung...

Anonim mengatakan...

Dijalan diponegoro jg ad toko komik dan novel tp dsitu, bisa sewa bisa jg beli,, kleksi bukunya dr taun sblm masehi jg ad kykx..

dini hapsari mengatakan...

eka, klo lewat jalan irian..belok kemana itu jln. timor?

*sy punya sekardus novel bekas yg masih bagus-bagus dan tidak sanggup membawanya pindahan ke kaltim. hiks...WA yaa...

Anonim mengatakan...

Kayaknya itu di Toko Wijaya cuma beberapa ji yang na jual komiknya, harganya Rp 10000/buku yang lainnya itu disewakan -_- *kalau tdk salah

cara memakai jilbab mengatakan...

klo mw beli yang deluxe nya aja min,, lumayan 1 komik muat 2 sampe 3 komik lamanya..

patra sastrawan mengatakan...

uda qm jual komikmu?berapa hargax 1 bku?

Fuwa Satoshi mengatakan...

bang masih jual buku komik gak? kalo masih jual alamatx dimana ?

anty sofjan mengatakan...

ada yang mau beli harry potter deathly hollow? hub 082189002440

Mush'ab Habib mengatakan...

Maaf.,sekedar info untuk sob semua..,kita ada jual komik dengan berbagai macam judul. Sedikit riwayat., kita dulunya buka toko komik.,cergam.,novel.,ko ping hoo.,dsb..,semenjak tahun 1970 s/d 2015.. Jadi.,seiring waktu.,tak ada lagi yg punya waktu luang utk jaga toko tersebut. Maka dari itu.,pihak keluarga pemilik,sepakat utk menjual seluruh komik.,cergam.,novel.,cerita silat.,cersil bergambar,dsb... Bagi agan2 / sob yang berminat.,silahkan di Contact Person saya: 081361584751 (WA)
BBM ; 5B5F1682.. Mhn maaf agan2 / sob semua.. Saya serius.. Bukan guyon.. Maaf...

Agung Paruni Effendi mengatakan...

disini jual komik nya zhan long yang manhaw

D H A N mengatakan...

kyaaaa toko wijayaaaaa. dulu pas masih kuliah 3 tahun lalu sering kesini borong komik. skrg masih buka dak ya :3

Unknown mengatakan...

Adakah jual komiknya dragon ball??