Ada orang-orang hidup tanpa hirarki sosial, tanpa hak kebangsawanan atas tanah atau monarki, kadang bahkan tanpa pemukiman atau kota-kota. Tidak perlu waktu lama untuk menyimpulkan bahwa inilah sesungguhnya kondisi 'alamiah manusia'.

Minggu, 17 Juli 2011

Liburan 3: Pulang ke Kaluku

Yip Yip, setelah PUNK PICNIC, liburan selanjutnya adalah pulang ke rumah nenek di Kaluku, Pitumpanua kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan. Tanggal 4 Juli tepatnya. Saya senang ke sini karena nenekku yang masih hidup sisa beliau. Keluarga dari pihak mamaku cukup besar, dan sepupu-sepupuku cukup menyenangkan dan menggemaskan bikin saya selalu rindu. Apalagi pada sepupuku di atas, namanya Khusnul. Saya sangat dekat sama dia. Kami sangat akrab. Oya, perkenalkan boneka yang kali ini kubawa jalan-jalan (Twiggy lagi istirahat) namanya Onar. Akan ada sesi khusu membahas namanya, nanti yah?
Trus, hal yang bikin seru juga adalah Kaluku tempat saya menghabiskan masa SMP. Jadi tiap pulang, pasti saya akan menghabiskan banyak waktu bersama teman-teman SMP ku. Seperti hari kedua ku di Kaluku kemarin, saya bertemu Tuti, Aldi, Batti, Anca, dan Cemma. Reunian pasti selalu seru. Malamnya kami jalan-jalan ke Bangsalae, sekalian saya ketemuan sama teman SMA yang menikah dengan sekampungku, Sandi. Jadilah kami semua ditraktir minuman sama dia. Asyyiiiikk...

Hari ketiga, saya ke acara aqiqah anaknya sepupuku Wandi. Wuih seru sekali. Kumpul-kumpul sama keluarga. Malamnya nginap di Salobulo. Besoknya kembali lagi ke Kaluku, pas hari pasar, jadilah saya dan sepupuku Umi beserta om ku Alex singgah jajan.
Besoknya lagi, nenekku membuatkan bedda bolong. Ini lulur favoritku. Terbuat dari beras yang dibakar campur rempah-rempah...wangi dan tentunya alami :)


Saya baru tahu, kalau di kampungku dulu marak pembaca Sureq. Sehari sebelum kembali ke Makassar, saya ke dusun sebelah mencari pembaca passureq yang katanya seringa dipanggil oleh almarhum kakekku dulu untuk membacakan sureq. Sureq adalah semacam kitab yang dibacakan dengan cara dilagukan oleh orang dulu. Berisi tentang petuah-petuah pendahulu. Berbekal informasi dari nenekku dan tanya sana-sini dan sempat kesasar, akhirnya saya bisa bertemu dengan beliau. Nanti akan kuceritakan lebih lankut mengenai beliau. Hokeh? Samapi di sini oleh-oleh dari Kaluku. ^_^

Tidak ada komentar: