Ada orang-orang hidup tanpa hirarki sosial, tanpa hak kebangsawanan atas tanah atau monarki, kadang bahkan tanpa pemukiman atau kota-kota. Tidak perlu waktu lama untuk menyimpulkan bahwa inilah sesungguhnya kondisi 'alamiah manusia'.

Rabu, 28 Januari 2009

Sebuah Surat Pengganti Bunga

: Opyank

sahabat,
aku ingin beritahu kau
bahwa bunga tulip yang kau kirimkan dari negara kincir kemarin
ia mati, layu

ia tak bersahabat di negeriku, sobat

maafkan aku, tak bisa merawatnya
sesuai keinginanmu
agar mampu menggantikan jasadmu
setelah kau tak bersamaku lagi di sini

maafkan aku sahabat
asal kau tau, amat bersedih ku dibuatnya
kembang dan batangnya masih kuselip di lemariku

sungguh, tulip itu mampu menghiburku atas kepergianmu
tapi setelah ia mengering
mengering pula bahagia ini

tapi tak usah khawatir sahabat
semalam kutemukan penggantinya
di luar pagar rumahku
diam-diam ada melati tumbuh liar

ya, meski tak ada keputusan bahwa aku pemiliknya
setidaknya aku bisa bahagia menatapnya dari teras rumahku
lalu sesekali menciumi bunganya jika tak ada yang melihat
aku bahagia karenanya sobat

tak perlu kau khawatir lagi
selama ia tumbuh di depan sana
aku mampu melupakan kesedihanku atas kepergianmu

Tidak ada komentar: