Ada orang-orang hidup tanpa hirarki sosial, tanpa hak kebangsawanan atas tanah atau monarki, kadang bahkan tanpa pemukiman atau kota-kota. Tidak perlu waktu lama untuk menyimpulkan bahwa inilah sesungguhnya kondisi 'alamiah manusia'.

Selasa, 20 Januari 2009

Cabut Akar


Jangan menyuruhku mencabut akar ini
Sebab aku saksi, kau sendiri yang menanamnya
Tak usah lagi kau berpura-pura tak tahu
Sebab meski tak kau mengakuinya, lewat matamu pernah kau sampaikan itu

Aku tahu kau tak kan pernah peduli
Tumbuh tidaknya akar ini
Sebab dari awal kau memang tak tahu ini buah tanganmu
Lalu kau pun semakin tak peduli

Terserah kau tak peduli atau mau peduli
Biar aku saja
Biarkan aku yang kan tersenyum puas ketika ia berbuah manis
Aku tak kan meminta apa-apa
Tak juga ucapan terima kasih
Maaf dan sebagainya

Aku sendiri kan menikmatinya

Tidak ada komentar: